Sep 2, 2018

Biografi Bill Gates Orang Paling Kaya Di Dunia

Biografi Bill Gates Orang Paling Kaya Di Dunia

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates, dia adalah salah satu sosok inspirasional yang banyak disoroti media, karena beliau merupakan salah satu orang yang paling sukses di bisnis teknologi terlihat dari harta kekayaannya yang terus meningkat setiap waktu.

Bill Gates merupakan orang yang berhasil menduduki tahta orang paling kaya di dunia selama beberapa dekade, hanya seupil orang yang berhasil mengalahkan rekor nya dan itupun tidak bertahan lama.

Seperti apa sebenarnya kehidupan Bill Gates ? Yuk, mari kita lihat di bawah ini !
Beliau lahir di Seattle, Washington Amerika Serikat, pada tanggal 29 Oktober 1955. Nama lengkap William Henry Gates III, sempat melanjutkan pendidikannya di Universitas Harvard namun tidak pernah kembali ke kamput itu untuk menyelesaikan studinya, dan memilih fokus mengembangkan Microsoft.

Dia adalah anak ke dua dari tiga bersaudara dilahirkan dari pasangan Wiliam Henry Gates dan Mary Maxwell. Ayah bekerja sebagai pengacara sementara Ibunya adalah pegawai di First Interstate Bank dan Pacific Northwest Bell, orang tuanya merupakan orang berpendidikan dan mampu mendidik Bill Gates menjadi orang yang cerdas dan baik.

Pendidikan Bill Gates dan Keputusan Drop Out 
Orangtuanya mengirimkan Gates bersekolah di Lakeside School, sekolah dasar favorit bagi anak laki-laki. Disana Gates bertemu dengan perangkat yang dinamakan Komputer. Dia adalah anak yang cerdas dan selalu melakukan "sesuatu" terhadap komputernya.


Di waktu itu, menguasai bahasa pemrograman sangat mudah bagi Gates katakanlah bahasa BASIC, sementara teman-temannya masih belajar coding, dia sendiri sudah bisa menghasilkan fungsi-fungsi BASIC. Bersama dengan para peretas, Gates belajar secara otodidak dan menghabiskan waktu berhari-hari untuk menulis program, membuat berbagai macam permainan, mempelajari dasar - dasar dari sistem Komputer, hingga dia benar - benar ahli "yang bersemangat" di dunia komputasi.

Berkat kecerdasan dan semangatnya di dunia komputer, Gates berhasil masuk ke salah satu perguruan tinggi bergengsi di Cambridge yaitu Harvard University. Disana dia bertemu dengan Paul Allen, seorang mahasiswa dengan minat yang sama di dunia programming, bersama-sama mengembangkan perangkat lunak, hingga akhirnya memutuskan berhenti kuliah di kampus bergengsi itu, dan memilih untuk mengembangkan perusahaan barunya yaitu Microsoft.

Mendirikan Microsoft dengan dukungan penuh dari orang tua
Sekitar tahun 1974, Bill selalu berteman baik dengan Paul Allen sejak masih di Harvard, mereka bergabung di Honeywell dan bekerja sebagai engineer, komunikasi antara Bill dan Paul menjadi sangat intens hingga visi keduanya semakin kuat tentang komputer.

Di tahun 1975 Honeywell meluncurkan produk barunya yaitu MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080, disaat itu pula Bill dan Paul melihat dan menangkap visinya untuk mendirikan sebuah perusahaan serupa yaitu perusahaan yang bergerak di bidang komputer.

Bill dan Paul membicarakan visi itu, mereka merasakan sesuatu yang berbeda, dan keyakinan menjadi perusahaan yang sukses semakin kuat, hingga akhirnya memutuskan untuk segera mendirikan perusahaan.

Akhirnya Paul dan Bill pun mendirikan perusahaan pertamanya yaitu Micro - Soft dengan kantor yang berlokasi di Albuquerwue. Sebelum perusahaan berdiri Bill dan Paul sudah terlebih dahulu meminta restu dan dukungan orang tua mereka, dan dengan restu dari orang tua, Bill dan Paul pun mendirikan perusahaan hebat itu. Tanda hubung pada nama perusahaan pun akhirnya hilang dan diganti menjadi Microsoft, dan segera didaftarkan ke Kementerian Luar Negeri New Mexico.

Perjalanan Microsoft dari peluncuran produk hingga tuntuan hukum (dianggap monopoli)
Gates adalah seorang pekerja keras, dia akan selalu larut dalam setiap momen kerja nya. Bill selalu berusaha memecahkan permasalahan di perusahaan kapan pun dan dimanapun.

Di tahun 1985 Bill dan Paul bersama perusahaannya berhasil meluncurkan software pertamanya yaitu Microsoft Windows, software yang sangat berguna untuk kepentingan perkantoran. Melihat kemampuan Bill dan Paul, IBM pun tertarik menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan Sistem Operasi yang disebut OS/2.

Awalnya project ini lumayan berhasil, pengembangan di fase awal nya berjalan lancar, namun karena perbedaan pandangan dan ide, kerjasama pun terhenti, hal ini terlihat dari surat yang diterbitkan oleh Bill Gates yang menyatakan bahwa kerjasama OS/2 dengan IBM telah berakhir, dan Bill mengarahkan seluruh tin ya untuk mengerjakan proyek baru yaitu kernel Windows NT. Di tahun 1990 Microsoft meluncurkan Sistem Operasi untuk Personal Computer (PC) dan laku keras di pasaran.

Dengan berbagai upaya dan juga dibarengi kerja keras dari seorang Bill Gates, Microsoft menemukan jalur kesuksesannya hingga membawa Bill Gate menjadi seorang jutawan.

Tuntutan Hukum
Perusahaan - perusahaan kecil merasa dirugikan karena Bill Gates dianggap melakukan monopoli pasar hingga dia dituntut oleh Departemen keadilan Amerika Serikat di tahun 1990. Dan lagi - lagi kena tuntutan hukum di tahun 1999 terkait hukum Undang - undang bisnis Amerika Serikat.

Bill Gates selalu fokus untuk mengerjakan pekerjaanya dan sangat larut dengan profesinya sebagai pengembang perangkat lunak. Di tahun 2000 Bill Gates memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua pegawai eksekutif dan pindah menjadi developer software.

Yayasan Amal
Kemudian di tahun 2008, Bill Gates memilih untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan memutuskan hidupnya untuk amal melalui yayasan keluarga yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan swasta yang beroperasi secara transparan dan merupakan salah satu yayasan terbesar di dunia, berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika. Melalui yayasan amal ini, Bill Gates menyumbangkan sebagian harta kekayaannya untuk beramal.

Dalam kinerjanya, Yayasan ini diawasi oleh tiga anggota dewan kepercayaan yaitu Bill Gates, Melinda Gates, dan Warren Buffet. Yayasan ini didirikan tahun 1994 bertujuan untuk memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia, dan memperluas kesempatan pendidikan serta akses ke teknologi informasi di Amerika Serikat.

Layanan yang diberikan pun mencakup seluruh wilayah di dunia, yayasan ini berstatus Non - Pajak, dan di tahun 2009, telah menyalurkan bantuan senilai 33,5 miliar dolar amerika. Dulu yayasan ini bernama William Henry Gates Foundation (1994 - 1999) kemudian berganti nama menjadi Bill & Gates Foundation yang saat ini telah memiliki 927 karyawan dan tersebar di berbagai penjuru dunia.

Kehidupan Pribadi Bill Gates
Gates merupakan pria berkeluarga yang baik, dia menikah dengan Melinda French di tanggal 1 Januari 1994. Gates tinggal bersama dengan istri dan 3 orang anaknya di sebuah bukit yang menghadap ke Danau Washington di Medina. Ketiga orang anaknya adalah Jennifer Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002).

Gates menempati rumah seluas 6.100 meter persegi dengan kolam renang 18 meter persegi, gimnasium 230 meter persegi, dan ruang makan seluas 93 meter persegi. Adapun nilai dari rumah dan tanah tersebut setara dengan 125 juta dolar amerika serikat.

Menurut majalah Forbes, Gates pernah menempati peringkat pertama orang terkaya di dunia dari tahun 1993 hingga tahun 2007. Kekayaan Gates pernah mencapai 101 miliar dolar di tahun 1999, hingga dia dijuluki sebagai centibillionaire, tapi gates sendiri merasa bukan dia orang terkaya di dunia sehingga dia tidak suka dijuluki gelar tersebut.

Selain senang membaca buku, Bill Gates juga telah menerbitkan buku yaitu buku The Road Ahead diterbitkan tahun 1995 dan Business @ The Speed Of Thought yang diterbitkan di tahun 1999. Buku Business @ the speed of Thought mendiskusikan tentang bagaimana bisnis dan teknologi merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, di dalam buku tersebut Bill Gates membeberkan bagaimana Infrastruktur Digital dan Jaringan Informasi membuat perubahan dalam bisnis dengan peubahan yang sangat cepat.

Salah satu quotes yang saya suka dari buku The Road Ahead adalah :
Computers are great because when you're working with them you get immediate results that let you know if your program works. It's feedback you don't get from many other things.

Terima kasih sekian dahulu sekilas info artikel tentang biografi Bill Gates, semoga bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Biografi Bill Gates Orang Paling Kaya Di Dunia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon