Aug 31, 2015

Biografi Maria Agnesi Penemu Sihir Agnesi

Biografi Maria Agnesi Penemu Sihir Agnesi

Biografi Maria Agnesi, Seorang matematikawan wanita yang berasal dari Milan Italia, penemuannya di bidang matematika membuat wanita ini disebut sebagai putri matematikawan dunia.

Dia adalah seorang matematikawan cerdas yang dididik sejak kecil oleh Ayahnya, Agnesi yang notabene adalah seorang wanita tidak membatasi dirinya untuk menguasai matematika sekalipun dia adalah seorang women.

Menerbitkan buku matematika dengan usaha yang sangat keras, akhirnya Agnesi pun berhasil membuat sebuah buku setelah selama sepuluh tahun menyempurnakan buku tersebut.

Maria G Agnesi
Maria Gaetana Agnesi Lahir di Milan Italia pada tanggal 16 Mei 1718. Agnesi dilahirkan dan bertumbuh besar di tengah keluarga yang terpelajar dan kaya raya. Orang tua Agnesi adalah seorang saudagar sutra sukses di Italia. Hal tersebut mendukung pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Agnesi khususnya di bidang matematika.

Di samping dukungan ekonomi keluarga Maria gaetana Agnesi juga sudah memiliki bakat kepintaran sedari kecilnya, di umur nya yang ke 9 tahun Agnesi sudah bisa berbahasa Prancis, Italia, Hebrew dan Bahasa Latin, sungguh merupakan sebuah kemampuan yang luarbiasa.

Orangtua Agnesi sangat konsen dan benar - benar perhatian dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan nya. Bagaimana tidak hal tersebut terlihat dari kesungguhan ayahnya dengan memberikan pendidik - pendidik khusus untuk memberikan pelajaran matematika kepada Agnesi, memberikan pengajaran - pengajaran tentang dunia matematika.

Semua dibayar oleh ayahnya agar Agnesi menjadi orang pintar dan berbakat, selain pelajaran matematika, Ayah Agnesi juga memberikan pelajaran Bahasa filsafat dan mengajarkan anaknya untuk tetap proaktif dalam bertanya dan menanyakan apa saja yang ingin ditanyakannya kepada guru-guru pengajar nya tersebut.

Nama Agnesi menjadi sedemikian terkenal dan melegenda setelah ia menemukan lintasan kurva yang dinamakan sihir dari Agnesi ( Witch of Agnesi ). Berikut ini persamaan kurva Agnesi :

1. Dalam Koordinat Kartesius : y(x^2 + a^2) = a^3
2. Dalam bentuk parameter : x=2a cot t, y=a[1- cos(2 t)]

Kurva Agnesi
Kurva Agnesi ini pertama sekali diberi nama Verstera yang artinya "membalik" (simetri terhadap sumbu y), tapi kata di atas merupakan kependekan dari kata Italia yakni Avverstera yang artinya istri hantu.

Perkembangan ilmu pengetahuan juga semakin membaik dan Inggris mencoba menterjemahkan penemuan agnesi ini ke dalam bahasa Inggris dan akhirnya di tahun 1801 kata tersebut diganti menjadi "Witch of Agnesi" alias "Sihir Agnesi".

Kurva Sihir ini menjadi sangat fenomenal ketika digunakan di berbagai bidang seperti Optik, Sinar-X, Elektromagnetik, dan teori Mekanika Kuantum.

Diusianya yang ke 81 tahun Agnesi menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 9 Januari 1799. Sepak terjang Agnesi di bidang matematika ini membuatnya dijuluki sebgai Putri Matematika.
Biografi Maria Agnesi Penemu Sihir Agnesi
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon