Jun 7, 2018

Biografi BJ Habibie - Presiden Ke 3 Republik Indonesia

Biografi BJ Habibie - Presiden Ke 3 Republik Indonesia

BJ Habibie, merupakan presiden ketiga Republik Indonesia. Beliau menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden pada tanggal 21 Mei 1998. BJ Habibie memiliki nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, lahir di pare – pare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. BJ Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara.

Beliau adalah putra dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A Tuti Marini Puspowardojo. Ayahnya adalah ahli pertanian yang berasal dari etnis gorontalo dan memiliki keturunan bugis, sementara Ibunya anak seorang spesialis mata di Yogyakarta beretnis Jawa.

Ayahnya, Alwi Abdul Jalil Habibie sering membacakan ayat AL-Qur’an kepada BJ Habibie sejak kecil. BJ Habibie dikenal sebagai orang yang cerdas sejak duduk di bangku sekolah dasar. Beliau sangat populer karena prestasi – prestasi yang diraihnya.


Tidak hanya populer di Indonesia, tetapi beliau juga dikenal di Negara lain. BJ Habibie memiliki kegemaran menunggangi kuda dan juga membaca. Pada usia 14 tahun, BJ Habibie sudah ditinggalkan oleh Ayahnya tercinta.

Ayah BJ Habibie meninggal dunia pada tanggal 3 September 1950 lantaran serangan jantung. Sejak saat itu, Ibunya menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Ibunya menjual rumah dan kendaraannya dan pindah ke bandung bersama BJ Habibie.

BJ Habibie, dulunya sekolah di SMAK Dago, Bandung. Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMAK Dago, beliau kemudian melanjutkan pendidikan di ITB (Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1954.

BJ Habibie kuliah di Teknik Mesin ITB selama enam bulan. BJ Habibie meneruskan pendidikannya di Rhenisch Wesfalische Tehniche Hochscule, Jerman. Disana BJ Habibie mengambil Teknik Penerbangan selama 10 tahun.

Setelah lulus, BJ Habibie bekerja sebagai Kepala Penelitian Dan Pengembangan pada Analisis Struktur Pesawat Terbang di perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman, yaitu Messerschmitt-Bolkow-Blohm (MBB) pada tahun 1965-1969.

Setelah itu, BJ Habibie kemudian menjabat sebagai Kepala Divisi Metode Dan Teknologi pada industri pesawat terbang komersial dan militer dari tahun 1969 hingga 1973. Beliaupun dipercaya sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di MBB periode 1973-1978 dan juga sebagai penasihat senior bidang teknologi untuk Dewan Direktur MB.

BJ Habibie merupakan orang Asia satu – satunya yang menduduki jabatan nomor dua di perusahaan pesawat terbang Jerman. Selama bekerja di Jerman, BJ Habibie menyumbang berbagai hasil penelitian dan sederet teori untuk ilmu pengetahuan dan teknologi Thermodinamika, Konstruksi dan Aerodinamika.

Habibie Faktor, Habibie Teorem dan Habibie Method merupakan beberapa rumusan teori BJ Habibie yang dalam dunia pesawat terbang.

BJ Habibie kembali ke Indonesia pada tahun 1973. BJ Habibie pulang ke tanah air untuk memenuhi panggilan dari Presiden Soeharto. Kala itu, Presiden soeharto mengutus Ibnu Sutowo ke Jerman untuk menemui serta membujuk BJ Habibie untuk pulang ke Indonesia.

Sejak kepulangannya ke Indonesia, BJ Habibie diangkat menjadi Menteri Negara Ristek/Kepala bppt selama 20 tahun. Beliau juga memimpin perusahaan BUMN Industri Strategis selama 10 tahun. BJ Habibie juga menduduki banyak jabatan lainnya.

Pada tahun 1995, BJ Habibie berhasil memimpin proyek pembuatan pesawat yang diberi nama N250 Gatot Kaca. Pesawat ini sekaligus merupakan pesawat pertama yang dibuat oleh Indonesia. Pesawat tersebut merupakan rancangan dan hasil desain BJ Habibie.

Pesawat ini menggunakan teknologi Fly By Wire. Teknologi pesawat yang canggih dan telah dipersiapkan untuk 30 tahun ke depan. Pada tanggal 14 Maret 1998 – 21 Mei 1998, melalui sidang MPR BJ Habibie terpilih sebagai wakil presiden Republik Indonesia untuk mendampingi Presiden Soeharto.

Semasa Soeharto menjabat sebagai presiden RI, banyak kejadian – kejadian yang akhirnya membuat beliau mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden. Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya pada tanggal 21 Mei 1998. Sejak saat itu, BJ Habibi pun kemudian diangkat menjadi presiden RI untuk menggantikan Presiden Soeharto.

BJ Habibie menjadi Presiden Republik Indonesia yang ketiga. BJ Habibie menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia dengan jangka waktu yang terbilang sangat singkat. BJ Habibie hanya menjabat selama 1 tahun 5 bulan. Saat beliau menjabat, kondisi Indonesia sedang ricuh. Pada akhirnya BJ Habibie, dilengserkan dari jabatannya.

Beliau dipaksa lengser karena persoalan Timor Timur, dimana BJ Habibie memperbolehkan Referendum Timor Timur yang memilih untuk merdeka. MPR menolak pidato pertanggungjawaban BJ Habibie. BJ Habibie resmi melepaskan jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 1999.

Setelah resmi melepaskan jabatannya, BJ Habibie memilih tinggal di Jerman. Akan tetapi, dimasa kepresidenan Susilo Bambang Yudhonyono, BJ Habibie aktif kembali sebagai penasihat presiden dalam mengawal proses demokratisasi di Indonesia lewat organisasi yang didirikan oleh BJ Habibie yaitu Habibie Center.

BJ Habibie memiliki istri bernama Hasri Ainun Besari. BJ Habibie mempersunting  Hasri Ainun Besari setelah BJ Habibie menyelesaikan pendidikannya di Jerman dan kembali ke Indonesia. Kisah mereka sangat menginspirasi. BJ Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari atau lebih dikenal dengan Ainun pada tanggal 12 Mei 1962.

Setelah menikah mereka kemudian pindah ke Jerman. Dari pernikahannya dengan Hasri Ainun Besari, BJ Habibie dikarunia dua orang anak, anaknya bernama Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. Istrinya, Ainun merupakan teman SMA BJ Habibie. Ainun sendiri juga merupakan orang yang juga cerdas.

Semasa sekolah Ainun dan BJ Habibie memang sudah dikenal sebagai orang yang sama – sama cerdas. Saat sekolah, mereka pun sering dijodohkan oleh teman – temannya. Ainun merupakan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Ainun juga pernah bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Pada tahun 2010, BJ Habibie akhirnya kehilangan Ainun, istri yang sangat dicintainya. Istri yang juga sangat setia dengan BJ Habibie. Istrinya meninggal tepatnya pada tanggal 23 Mei, beliau meninggal karena penyakit kanker.

Ketika mengetahui istrinya mengidap penyakit kanker, BJ Habibie langsung membawa Ainun ke Ludwig Maximilians Universitas, Klinikum Grosshadern, Munchen, Jerman. Ainun pun sudah menjalani beberapa operasi untuk kesembuhannya. Segala hal telah dilakukan untuk kesembuhan Ainun, namun takdir berkata lain. Sehari setelah menjalani operasi besar, akhirnya Ainun menghembuskan nafas terakhirnya.

Jenazah Ainun dipulangkan dari Jerman pada tanggal 24 Mei 2010 dan tiba di Indonesia pada tanggal 25 Mei 2010. Setibanya di Indonesia, Ainun kemudian dimakamkan di taman makam pahlawan kalibata. Hingga saat ini sosok Ainun dikenang oleh keluarga dan seluruh masyarakat di Indonesia.

Selain sosok Ainun yang sangat setia dengan suaminya, BJ Habibie pun demikian. Beliau sangat setia dengan Ainun, istrinya. Untuk menunjukkan kesetiaannya, BJ Habibi pun ingin dimakamkan di dekat istrinya ketika meninggal suatu saat nanti.

Kisah BJ Habibie dan Ainun ini sangatlah menginspirasi banyak orang. Bahkan kisah mereka telah dituangkan dalam sebuah film yang berjudul Habibie & Ainun.

Sumber:
https://tekno.tempo.co/read/1066886/kisah-bj-habibie-teori-pesawat-hingga-kisah-cinta-romantis
https://www.google.co.id/amp/s/m.viva.co.id/amp/siapa/read/11-bacharuddin-jusuf-habibie
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/09/481/1537489/hari-pahlawan-kisah-pengabdian-hasri-ainun-habibie-di-dunia-kesehatan?page=2
https://www.biografiku.com
https://id.m.wikipedia.org/wiki/bacharuddin_jusuf_habibie
https://rula.co.id/post/8-pelajaran-berharga-dari-hasri-ainun-besari-ibu-negara-dengan
www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-bj-habibie
www.infoakurat.com/2015/07/biografi-bj-habibie.html?m=1
bio.or.id/biografi-presiden-b-j-habibie/
https://www.google.co.id/amp/s/www.akupaham.com/biografi-bj-habibie/amp/
Biografi BJ Habibie - Presiden Ke 3 Republik Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon