Apr 19, 2018

Biografi Elon Musk CEO dan Product Architect Tesla

Biografi Elon Musk CEO dan Product Architect Tesla

Elon Musk, adalah co-founder, CEO dan Product Architect di Tesla. Elon Musk lahir pada tanggal 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Pria berusia 46 tahun ini merupakan anak dari pasangan Errol Musk dan  Maye Musk. Ibunya, Maye Musk adalah seorang model dari Regina, Saskatchewan, Kanada sementara ayahnya, Errol Musk, seorang ahli elektromekanika, pilot, dan juga pelaut.

Elon Musk memiliki adik laki-laki bernama Kimbal dan adik perempuan bernama Tosca. Elon Musk merupakan anak tertua. Pada tahun 1980 orang tua Elon Musk bercerai, hal ini menyebabkan Elon Musk tinggal bersama dengan ayahnya di Pretoria. Saat kecil, Elon Musk sering kali mendapatkan perlakuan bully.

Dia merupakan korban bullyan teman - temannya, Elon Musk sering diperlakukan tidak baik dan dia juga dianggap culun dan sering menjadi korban pemukulan oleh teman – temannya. Bahkan dia pernah masuk rumah sakit akibat perbuatan tidak baik teman – temannya.



Hal ini diakuinya dalam buku yang berjudul “Elon Musk: Tesla, Spacex, and the Quest for a Fantastic Future”. Elon musk sangat jarang bermain dengan teman – temannya, dia lebih memilih untuk membaca buku – buku yang dia sukai. Elon Musk dikenal sangat ambisius, senang membaca dan juga belajar. Pada usia 10 tahun, Elon Musk tertarik dengan mempelajari teknik komputer. Saat usianya 12 tahun, Elon Musk mempelajari pemograman dan menjual kode original untuk video game Blastar ke sebuah majalah komputer.

Dia mendapatkan $500 untuk kode yang dia jual. Pada tahun 1989 saat Elon Musk berusia 17 tahun, dia pindah dari Kanada. Dia pindah untuk menghindari wajib militer yang ada di Afrika Selatan. Kemudian pada tahun 1992, Elon Musk meninggalkan Kanada. Elon Musk mendapatkan beasiswa untuk belajar bisnis dan fisika di University Of Pennsylvanisa.

Dari sana Elon Musk lulus dengan gelar sarjana dalam bidang ekonomi dan gelar sarjana dalam bidang fisika. Setelah menyelesaikan pendidikan di University Of Pennsylvanisa, Elon Musk kemudian melanjutkan pendidikan ke Standford University di California. Namun, setelah dua hari bergabung di Standford University Elon Musk keluar. Dia ingin menjadi pengusaha di bidang internet, energy terbarukan dan luar angkasa.

Dia meluncurkan perusahaan pertamanya yang bernama Zip2, perusahaan perangkat lunak web. Elon Musk bekerja sama dengan adiknya, Kimbal Musk dalam mengembangkan perusahaannya tersebut. Pada tahun 1999, sebuah devisi dari Compaq Computer Corporation membeli Zip2 dengan harga $307 juta secara tunai, dan $34 juta dalam bentuk opsi saham. Pada tahun yang sama, tahun 1999 Elon Musk mendirikan X.Com, perusahaan jasa keuangan/pembayaran online. Setahun setelahnya terjadi akuisisi X.Com. Dimana X.Com berganti nama menjadi Paypal. Pada tahun 2002, Paypal kemudian diakuisisi oleh ebay seharga $1.5 miliar.

Sebelum diakuisisi, Elon Musk memiliki 11% saham paypal. Setelah paypal diakuisisi, Elon Musk kemudian mendirikan perusahaan ketiganya. Elon Musk mendirikan perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi antariksa dan ruang angkasa. Nama perusahaannya adalah Space Exploration Technologies, atau lebih dikenal dengan Space X. Pada tahun 2008, Space X memenangkan kontrak senilai 1.6 miliar dollar AS dari NASA. Proyek penting di dalam kerja sama tersebut yaitu pengembangan teknologi roket berbahan cair pertama, Falcon 1, yang diluncurkan ke orbit bumi pada tahun 2009.

Pada tahun 2012, Space X juga membuat gebrakan dengan meluncurkan roket Falcon 9 dan pesawat kargo komersial pertama, SpaceX Dragon. Benda ini diluncurkan ke stasiun luar angkasa internasional (International Space Station atau ISS). Selain mendirikan Space X, Elon Musk juga mendirikan Tesla Motors pada tahun 2013. Tesla motors memiliki misi untuk mempercepat transisi menuju masa depan energi yang berkelanjutan.

Produk tesla motors yang pertama adalah Mobil Sport Roadster, kemudian diikuti dengan sedan Model S yang diperkenalkan pada tahun 2012 dan pada tahun 2015 meluncurkan Model X, mobil listrik yang berjenis minivan atau SUV (Support Utility Vehicle).

Selain itu, Tesla motors juga menjual sistem electric powertrain kepada produsen – produsen mobl lain, seperti Daimler AG dan Toyota Motor. Pada tahun 2016, Tesla motors mengakuisisi Solarcity yang merupakan penyedia sistem tenaga surya terkemuka di Amerika Serikat, kemudian pada tahun 2017 Tesla motors merilis Solar Roof, produk pembangkit energi yang terjangkau.

Pada bulan Maret 2017, kekayaan Elon Musk diperkirakan mencapai AS$13.9 milyar. Elon Musk masuk ke dalam 80 daftar orang terkaya di dunia. Dia juga termasuk orang yang paling berkuasa di dunia, majalah Forbes menempatkan Elon Musk sebagai peringkat ke-21 orang paling berkuasa di dunia. Elon Musk merupakan orang yang luar biasa. Elon Musk juga merupakan orang yang tekun, pemikiran kritis, analisis diri dan kerja keras yang sangat akurat.

Dia juga memiliki jam kerja yang tinggi dan sangat sibuk. Elon Musk bisa bekerja 100 jam dalam seminggu. Elon Musk menetapkan standar kerja untuk rekan – rekannya. Elon Musk mengetahui apa yang dia inginkan dan bisa memimpin tim nya dengan sangat intensif. Elon Musk juga memiliki kegigihan yang sangat tinggi untuk terus bekerja dan bertahan dengan berbagai macam rintangan. Dia dapat mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan.

Elon Musk adalah orang yang pantang menyerah dan memotivasi dirinya dengan sangat keras. Elon Musk juga tidak pernah ragu dan takut dalam mengambil suatu hal yang sangat beresiko. Banyak yang menganggap bahwa Elon Musk gila karena ide – ide yang dilakukan olehnya. Elon Musk juga dikenal kejam dan tidak punya hati terhadap rekan kerjanya.

Tetapi meski demikian, Elon Musk berhasil mendirikan perusahan – perusahaanya dan berhasil dalam mencapai tujuan – tujuannya. Elon Musk merupakan pengusaha kedua setelah James H. Clark yang telah berhasil di silicon Valley dengan menciptakan tiga perusahaan (Paypal, Space X dan Tesla Motors) dengan pangsa pasar lebih dari $1 miliar.

Elon Musk tinggal di Bel Air, Los Angeles, California. Elon Musk memiliki karir yang sukses, tetapi tidak dengan kehidupan rumah tangganya. Elon Musk telah menikah dua kali. Dia menikah dengan istri pertamanya Justine Musk pada tahun 2000. Kemudian Elon Musk bercerai dengan istri pertamanya tersebut pada tahun 2008.

Setelah bercerai dengan Justine Musk, Elon Musk kemudian bertemu dengan seorang aktris bernama Talulah Riley. Mereka menikah pada tahun 2010, tetapi kemudian bercerai pada tahun 2012. Pada tahun 2013 Elon Musk dan Talulah Riley kembali menikah lagi, tetapi sama seperti perjalanan rumah tangganya sebelumnya Elon Musk lagi – lagi bercerai dengan istri keduanya, Talulah Riley. Hubungan Elon Musk dan istri keduanya pun berakhir pada tahun 2016.

Elon Musk , co-founder, CEO dan Product Architect memiliki lima anak laki – laki, kembar siam dan kembar tiga.

Sumber :
www.gadgetgaul.com/biografi-elon-musk-pendiri-paypal-tesla-motors-dan spacex.html
https://www.tesla.com/elon-musk
https://www.biografiku.com/2012/04biografi-elon-musk-pendiri-paypal.html?m=1
https://studentpreneur.co/blog/9-rahasia-kesuksesan-elon-musk/
https://id.m.wikipedia,org/wiki/Elon_Musk
https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3656442/cerita-kesuksesan-elon-musk-si -penemu-paypal
https://www.dictio.id/t/mengenal-gaya-kepemimpinan-elon--musk-ceo-tesla-motors/11550
https://www.google.co.id/amp/s/id.techinasia.com/kebiasaan-elon-musk-agar-bisa-produktif-berinovasi-/amp/
profilbos.com/2017/08/03/profil-biografi-elon-musk/
m.liputan6.com/tag/elon-musk
www.gadgetgaul.combiografi-elon-musk-pendiri-paypal-tesla-motors-dan-spacex.html
www.simulasikredit.com/siapa-itu-elon-musk-ini-biografi-singkat-elon-musk/
https://tekno.kompas.com/read/2013/10/07/1732599/elon.musk.sosok.iron.man.di.dunia.nyata
https://fakta.news/sosok/__trashed-11
Biografi Elon Musk CEO dan Product Architect Tesla
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon