Mar 23, 2018

Biografi Sundhar Pichai - Chief Executive Officer Google

Biografi Sundhar Pichai - Chief Executive Officer Google

Siapa sih yang tidak menggunakan produk nya google saat ini, hampir seluruh manusia di penjuru dunia ini pake produk google. Salah satu produk google yang paling fenomenal adalah mesin pencari google.com, mesin pencari yang mampu mencari apapun yang kita inginkan di google.

Pichai Sundararajan, pria berusia 45 tahun adalah seorang Chief Executive Officer (CEO) Google berkebangsaan India. Pichai Sundararajan atau yang lebih dikenal dengan Sundar Pichai, lahir pada tanggal 12 Juli 1972, di Madurai, Tamil Nadu, India.

Sundar Pichai merupakan sosok pria yang dikenal cerdas dan kreatif sejak muda. Dia berasal dari keluarga yang sangat sederhana dan tidak berkecukupan di India. Sundar Pichai dan keluarganya tinggal di sebuah apartemen kecil yang hanya memiliki dua kamar dan bahkan tidak memiliki televisi atau mobil. Pada masa kecilnya, Sundar Pichai tidak pernah merasakan kemewahan.


Ayahnya, Regunatha Pichai, bekerja sebagai insinyur listrik untuk konglomerat Inggris GEC dan dikelola pabrik yang membuat komponen listrik sedangkan Ibunya, Lakshmi Pichai, merupakan seorang stenograpfer. Meskipun hidup sederhana dan tidak berkecukupan, orangtuanya selalu memastikan agar Sundar Pichai dan adiknya mendapatkan pendidikan yang baik.

Ayahnya mempunyai cita - cita yang tinggi agar Sundar Pichai dan juga adiknya bisa belajar di sekolah terbaik di India.

Sejak kecil, Sundar Pichai sudah memiliki ketertarikan dengan pekerjaan Ayahnya. Setiap hari, Ayah Sundar Pichai selalu membagikan cerita tentang pekerjaannya. Ayahnya merupakan sumber inspirasi baginya. Pada usia 12 tahun saat keluarganya memiliki telepon, Sundar Pichai sudah mulai menunjukkan kecerdasannya.

Dia mampu menghafal seluruh nomor telepon yang pernah dia hubungi. Sundar Pichai juga dikenal sebagai kutu buku, dia menghabiskan banyak waktunya untuk belajar sehingga jarang bermain di luar. Sundar Pichai adalah siswa yang berprestasi di sekolahnya. Nilai sekolahnya membuat Sundar Pichai berhasil diterima di Institut Teknologi Kharagpur, kampus bergengsi di India.

Di kampus tersebut Sundar Pichai mengambil jurusan Teknik Metalurgi. Dia mendapatkan gelar sarjana dan juga dianugerahi Institute Silver Medal dari Institut Teknologi Kharagpur, India. Sundar Pichai dikenal sebagai mahasiswa yang cerdas dan memiliki prestasi yang sangat baik. Hal ini membuat Sundar Pichai mendapatkan beasiswa S2 untuk jurusan Material Sciences and Engineering di Universitas Stanford, universitas tersohor di Amerika Serikat.

Dari universitas tersohor ini, Sundar Pichai memperoleh gelar M.S. Tak berhenti sampai disitu, setelah menyelesaikan kuliahnya di Universitas Stanford, Sundar Pichai pun kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Pennsylvania’s Wharton School dan mendapatkan gelar MBA. Sundar Pichai telah banyak belajar di Universitas yang bergengsi.

Setelah menyelesaikan pendidikannya dan berhasil mendapatkan gelar MBA nya, Sundar Pichai pun memulai karirnya. Dia bekerja sebagai Engineer & Product Manajer di perusahaan Applied pada tahun 1999, dan kemudian bekerja sebagai konsultan di Firma McKinsey & Company pada tahun 2002. Pada tahun 2004 tepat pada tanggal 1 April 2004, Sundar Pichai bergabung dengan Google.
Sundar Pichai bergabung dengan Google tepat pada tanggal dimana Gmail diluncurkan.

Sundar Pichai bekerja di Google dengan jabatan sebagai Junior Program Manager & Product Manager. Dia bekerja dibawah pimpinan Marissa Mayer, mantan Google Vice President of Product yang saat ini menjabat sebagai CEO Yahoo. Sundar Pichai bertanggung jawab dalam mengembangkan produk – produk seperti Google Toolbar, Google Gears dan Google Chrome. Pada tahun 2009, seiring dengan suksesnya Google Chrome, Sundar Pichai pun diangkat menjadi Vice President of Product management & innovation.

Kemudian pada tahun 2013, tepatnya tanggal 13 Maret 2013, Sundar Pichai memegang posisi Android Chief. Dia menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Andy Rubin.  Karirnya di google berkembang sangat pesat, hingga akhirnya pada bulan Agustus 2015 Sundar Pichai resmi diangkat menjadi Chief Executive Officer (CEO) Google, salah satu perusahaan terkuat di dunia. Pencapaian yang sungguh luar biasa. Sebelum Sundar Pichai diangkat menjadi CEO Google, dia merupakan tangan kanan salah satu penemu google, Larry Page.

Larry Page memuji Sundari Pichai sebagai orang yang memiliki pengetahuan teknis yang mendalam dan kemampuan managerial yang luar biasa. Sundar Pichai juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang rendah hati dan sederhana. Sundar Pichai merupakan CEO India pertama di Google.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi India ketika Sundar Pichai diangkat menjadi CEO Google. Bahkan perdana menteri India memberikan ucapan selamat lewat twitter saat Sundar Pichai resmi menjadi CEO Google.

CEO Google, Sundar Pichai saat ini hidup bahagia dan tinggal di sebuah rumah yang dirancang oleh Robert Swatt yang berlokasi di Los Altos Hills, California. Disana Sundar Pichai tinggal bersama isterinya, Anjali Pichai dan juga kedua anaknya Kiran Pichai dan Kavya Pichai. Isterinya, Anjali Pichai merupakan teman sekelas Sundar ketika kuliah di Institut Teknologi Kharagpur.

Sebelum menjadi pasangan suami istri, mereka merupakan teman baik. Setelah menyelesaikan kuliah, mereka sempat harus terpisah karena Sundar Pichai harus pergi ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya dengan mengambil S2 di Universitas Stanford sedangkan Anjali Pichai tetap berada di India.

Kemudian setelah beberapa waktu Anjali Pichai juga berangkat ke Amerika. Ketika Sundar Pichai sudah memiliki pekerjaan yang bagus di Amerika, dia merasa bahwa inilah saat yang tepat baginya untuk menikah dan akhirnya Sundar Pichai memutuskan untuk menikah dengan teman baiknya semasa kuliah dulu, Anjali Pichai yang kini telah menjadi isterinya.

Anjali Pichai tidak hanya isteri bagi Sundar Pichai tetapi juga penasehat baginya. Isterinya membantu Sundar Pichai untuk tetap menjadi bagian dari Google. Sundar Pichai pernah dipanggil oleh Yahoo & Microsoft, akan tetapi isterinya menyarankan agar Sundar menolak panggilan tersebut dan meyakinkannya untuk bekerja di Google.

Saran isterinya pun tidak sia – sia, kini suaminya Sundar Pichai memiliki karir yang sukes dan cemerlang di Google. Bukan hanya Sundar Pichai yang sukses dalam meniti karir, tetapi juga isterinya. Isterinya, Anjali Pichai saat ini adalah Manajer Operasi Bisnis di Intuit.

Dia telah melakukan banyak hal untuk mencapai kesuksesannya.

Kini CEO Google, Sundar Pichai telah banyak dikenal orang setelah menjabat menjadi CEO. Pimpinan tertinggi perusahaan Google yang ramah, cerdas dan juga pekerja keras. Sundar Pichai memiliki kebiasaan bangun tidur lebih siang, setiap hari dia bangun tidur antara pukul 6.30 dan 7.00.

Sundar Pichai juga gemar membaca Koran dan minum teh.

Koran favorit Sundar adalah Koran ekonomi The Wall Street Journal. Sundar Pichai pernah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Mountain View, California. Sundar Pichai berada dalam jajaran orang yang berpengaruh di dunia.

Di bawah kendalinya, Google mengalami pertumbuhan bisnis iklan dan juga youtube. Google berhasil menaikkan pendapatannya. Sundar Pichai juga termasuk CEO dengan bayaran tertinggi di dunia. Dia mendapatkan gaji sekitar Rp 220 miliar per bulannya. Segala bentuk kesuksesan yang telah dia dapatkan ini tentu tidak luput dari usaha keras dari kedua orang tuanya.

Sundar Pichai pun dikenal sangat menghormati kedua orang tuanya sejak dari kecil. Sosok CEO Google, Sundar Pichai sangat menginspirasi anak – anak muda di India, bahkan di seluruh dunia.
Biografi Sundhar Pichai - Chief Executive Officer Google
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon