Apr 3, 2018

Biografi Debbie Harry - Penyanyi Utama Band Punk Rock Blondie

Biografi Debbie Harry - Penyanyi Utama Band Punk Rock Blondie

Bagi anda pecinta musik rock, tentu tidak asing dengan nama Debbie Harry. Ya, Debbie Harry adalah vokalis utama dari band beraliran punk rock, Blondie. Namun ia bukan hanya seorang penyanyi, Debbie Harry juga seorang pencipta lagu dan aktris. Ingin tahu lebih banyak tentang Debbie Harry? Mari kita simak sekelumit kisah tentang Debbie Harry.

Kehidupan Debbie Harry

Debbie Harry yang memiliki nama lengkap Deborah Ann Harry ini lahir di Florida pada tanggal 1 Juli 1945. Ibunya ialah seorang pianis yang cukup dikenal pada masa itu. Namun sang ibu tidak siap untuk memiliki seorang dan kemudian menyerahkan Debbie Harry kepada orang lain.

Debbie Harry diadopsi oleh Catherine dan Richard Smith pada usia 3 tahun. Ia menghabiskan masa kecilnya bersama dengan orang tua angkatnya tersebut di New Jersey. Kegiatan Debbie Harry diisi dengan sekolah dan juga aktif menjadi penyanyi di gereja.


Sebelum memulai karir menyanyinya, Debbie Harry pernah bekerja dalam berbagai bidang. Ia berpindah – pindah tempat kerja. Debbie Harry pernah menjadi sekretaris di Radio BBC, menjadi pelayan restoran, dan bahkan menjadi penari di klub malam.

Pada akhir 1960, Debbie Harry memulai karir musiknya dengan menjadi penyanyi latar untuk band The Wind in The Willows. Kemudian pada tahun 1974 Debbie Harry bergabung dengan band the Stilettoes, yang kemudian mempertemukannya dengan kekasihnya, Chris Stein.

Setelah sepakat untuk meninggalkan the Stilettoes, Debbie Harry dan Chris Stein membentuk band Angel and the Snake bersama Snooky Bellomo. Namun tak bertahan lama, Debbie Harry dan Chris Stein akhirnya membentuk grup baru yang masih terkenal hingga saat ini. Blondie. Dia juga sempat mengasah bakat aktingnya dengan tampil di episode Wiseguy di CBS.

Debbie Harry dan Blondie
Blondie merupakan band besutan Debbie Harry dan kekasihnyapada saat itu, Chris Stein. Blondie kerap membawakan musik dengan aliran new wave, punk rock, pop rock, post punk dan power pop. Dibentuk di New York pada tahun 1974, band ini berhasil meraih ketenaran di Kansas dan New York karena penampilannya yang sangat enerjik. Daya tarik fisik Debbie Harry juga menjadi salah satu hal yang membuat Blondie cepat meraih kesuksesan.

Sepanjang karir bermusiknya, Blondie tercatat telah mencetak 9 album. Album – album tersebut antara lain Blondie, Plastic Letters, Parallel Lines, Eat to the Beat, Autoamerican, dan The Curse of Blondie. Album pertama Blondie dirilis tahun 1976. Album tersebut menempati urutan ke-75 di Inggris.

Album Plastic Letters yang merupakan album ke-2 mereka cukup meraih kesuksesan. Namun, album Parallel Lines yang dirilis tahun 1978lah yang menjadi batu kesuksesan Blondie. Parallel Lines menjadi album nomor 1 di Inggris, dan mendapat tempat yang baik di kancah musik Amerika.

Album Blondie berikutnya, Eat to the Beat meraih kesuksesan yang sama. Mencampur punk rock yang merupakan aliran utama musik mereka dengan sentuhan reggae dan pop membuat album Blondie ini juga berhasil menduduki peringkat  1 dalam chart di Inggris. Single dari album ini antara lain Dreaming, Union City Blue dan Atomic.

Pada tahun 1981, Blondie memutuskan unutk berhenti sementara. Hal tersebut disebabkan karena gitaris yang juga pendiri band tersebut menderita peyakit langka. Selama masa vakum tersebut, Debbie Harry meneruskan karirnya dengan merilis album solo. Tercatat ada 5 album yang sempat dirilis oleh Debbie Harry selama masa vakum Blondie. Album tersebut antara lain Rockbird dan Def, Dumb and Blonde. Di album Def, Dumb and Blonde tersebut Debbie Harry memutuskan untuk merubah nama panggungnya dari Debbie menjadi Deborah.

Pada tahun 1997 Blondie memutuskan untuk bergabung kembali. 4 anggota awal Blondie, yaitu Debbie Harry, Chris Stein, Clem Burke, dan Jimmy Destri berusaha meramu album terbaik untuk gebrakan kembalinya mereka ke dalam dunia musik. Mereka melahirkan album berjudul No Exit.

Single “Maria” dalam album No Exit tersebut meraih kesuksesan dan menjadi nomor 1 di Inggris. “Maria” juga menempati urutan pertama di berbagai chart di seluruh dunia. Hal tersebut berhasil membawa album No Exit menempati urutan ke-3 di chart musik Inggris, dan urutan ke-17 di chart musik Amerika. Merupakan prestasi yang cukup membanggakan,mengingat mereka telah vakum dalam dunia musik selama hampir 15 tahun.

Blondie terus melakukan tur keliling dunia selama 7 tahun berikutnya. Mereka juga terus menelurkan album – album baru pada tahun 2003, 2011 dan 2014. Debbie Harry juga tetap meneruskan karir solonya dengan mengeluarkan album di tahun 1997.

Blondie identik dengan Debbie Harry. Bahkan grup Blondie sering salah diartikan sebagai nama dari Debbie Harry. Walaupun memang nama Blondie terinspirasi dari warna rambut Debbie Harry yang menarik perhatian, namun Blondie tetaplah nama sebuah band punk rock.

Debbie Harry di Masa Tua

Tahun ini usia Debbie Harry memasuki  71 tahun. Ia mengatakan bahwa memasuki masa tuanya merupakan hal yang cukup sulit. Tentu saja bukan hal yang aneh, mengingat betapa cantik, seksi dan enerjiknya Debbie Harry di masa lampau.

Ia mengatakan di beberapa wawancara, bahwa walaupun penampilannya sudah berubah namun ia tetap sehat dan rutin melakukan latihan fisik. Debbie Harry mengakui pada akhir 80an ia dan kekasihnya pada saat itu, Chris Stein mengonsumsi narkoba. Dimana hal tersebut cukup berpengaruh pada kondisi fisiknya saat ini.

Keputusan untuk menggunakan narkoba tidak pernah disesali oleh Debbie Harry, namun ia mengakui bahwa mengira penggunaan narkoba tidak akan mempengaruhi kehidupannya adalah pemikiran yang sangat bodoh. Penyanyi cantik yang tidak pernah menikah ini juga mengatakan bahwa ia tidak menyesali keputusannya untuk tidak memiliki anak.

Debbie Harry tetap tampak enerjik di usianya yang sudah memasuki senja. Debbie Harry melakukan beberapa operasi plastik, namun tidak sampai merubah penampilannya secara ekstrim. Debbie Harry percaya jika seseorang tetap kreatif dan terbuka unutk hal – hal baru, maka ia tak akan pernah berhenti berkarya.

Debbie Harry mengisi masa tuanya dengan aktif bernyanyi, bermain film dan juga aktif dalam kegiatan – kegiatan sosial. Film yang dibintangi oleh Debbie Harry antara lain Heavy dan Evan Dando and Drop Dead Rock. Kegiatan sosial yang diikuti oleh debbie ialah kegiatan yang berkaitan dengan AIDS. Ia juga kerap mengampanyekan kebebasan mengenai pernikahan sesama jenis.

Debbie Harry tetap aktif dengan karir bermusiknya di usia senja saat ini. Album Blondie yang rilis pada tahun 2014 tetap dibawakan dengan baik oleh Debbie Harry. Tetap enerjik dan penuh dengan tenaga.Hingga saat ini Debbie Harry tidak pernah berpikir sedikitpun untuk pergi meninggalkan dunia musik yang telah membesarkan namanya.

Itulah sekelumit kisah mengenai Debbie Harry sang legenda musik dunia. Semoga semangat dan energinya tetap dapat memberikan warna bagi dunia musik.
Biografi Debbie Harry - Penyanyi Utama Band Punk Rock Blondie
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon