Mar 7, 2018

Ferdinand Porsche Pendiri Perusahaan Mobil Porsche

Ferdinand Porsche Pendiri Perusahaan Mobil Porsche

Anda pasti pernah mendengar merek mobil Porsche. Ya, merek yang identik dengan mobil – mobil sport mewahnya ini memang telah dikenal di seluruh dunia. Kemahsyuran mobil – mobil besutannya seakan tak lekang oleh waktu. Sebut saja Porsche 911, Porsche Cayenne, dan Porsche Gran Turismo.

Kesuksesan perusahaan ini dalam memproduksi berbagai tipe mobil tentu saja membuat nama Porsche semakin mantap menancapkan kuku di dunia otomotif. Pada tahun 2015 saja Porsche tercatat mencetak laba sebesar 3,4 miliar Euro. Namun, apakah anda tahu nama yang berjasa di balik kesuksesan perusahaan ini? Mari kita simak bersama.

Ferdinand Porsche dan Sejarah Lahirnya Perusahaan Porsche

Bagi anda para pecinta otomotif mungkin sudah tak asing dengan nama Ferdinand Porsche. Pendiri perusahaan Porsche ini merupakan insinyur otomotif berkewarganegaraan Austria. Lahir pada 3 September 1875, Ferdinand Porsche telah menunjukkan ketertarikannya pada dunia kelistrikan dan teknologi sejak usia muda. Pada usia 18 tahun ia bekerja di perusahaan kelistrikan di Vienna sekaligus menjadi siswa di Imperial Technical University.

Kemampuannya di bidang kelistrikan membuat Ferdinand Porsche mengalami peningkatan jabatan dalam kurun waktu singkat. Pada tahun 1987 Ferdinand Porsche membangun mesin dengan konsep wheel-hub. 3 tahun kemudian mesin wheel-hub karya Ferdinand Porsche digunakan pada kendaraan non transmisi buatan Hofwagenfabrik Jacob Lohner & Co’s. Kemampuan Ferdinand Porsche dalam bidang rekayasa mesinpun menjadi sorotan.

Pada akhir 1900, Ferdinand Porsche menguji mesin karyanya tersebut dalam balapan di sirkuit Semmering. Ia berhasil mencetak kemenangan. Hal tersebut tentu saja membuat nama Ferdinand Porsche menjadi semakin dikenal dalam dunia otomotif masa itu.

Tahun 1906, Ferdinand Porsche bekerja sebagai manajer pada perusahaan Austro Daimler. Pekerjaan Ferdinand Porsche meliputi pengawasan konstruksi mobil Mercedes Compressor.  Karir Ferdinand Porsche berjalan mulus hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut tahun 1931 untuk membangun perusahaannya sendiri.

Setelah memutuskan keluar dr perusahaan Austro Daimler, Ferdinand Porsche membangun perusahaan otomotifnya sendiri. Perusahaan itu bernama Dr. Ing.H. C. F. Porsche GmbH, berkantor di Austria. Perusahaan ini awalnya bergerak di bidang konsultasi pengembangan dan juga pengerjaan mobil, tanpa menegerjakan proses perakitan sendiri. Namun, pemerintah Jerman meminta perusahaan milik Ferdinand Porsche ini untuk memproduksi mobil rakyat atau Volkswagen. Ferdinand Porsche akhirnya berhasil memproduksi  Volkswagen Beetle, yang merupakan salah satu mobil tersukses dalam sejarah.

Komponen mobil VW, seperti transmisi dan suspensi banyak digunakan untuk memproduksi mobil – mobil – mobil porsche pada sekitar akhir tahun 1950an. Hal tersebut disebabkan sulitnya mendapat suku cadang pasca terjadinya Perang Dunia. Akhirnya Porschepun memproduksi suku cadang sendiri.

Dengan berkembangnya perusahaan milik Ferdinand Porsche ini, pada tahun 1972 perusahaan Porsche dirubah dari yang tadinya berbentuk perusahaan keluarga menjadi perusahaan yang melibatkan orang lain di luar keluarga. Maka dibentuklah Dewan Direksi yang berisi orang – orang di luar keluarga Porsche. Namun keluarga Porsche tetap memegang kendali dengan menjadi Dewan Pengawas.

Ferdinand Porsche menutup usianya pada 30 Januari 1951 di Stuttgart. Pada masa hidupnya, Ferdinand Porsche telah banyak berjasa bagi masyarakat. Khususnya di bidang otomotif. Hal tersebut melatarbelakangi dibangunnya museum untuk mengenang Ferdinand Porsche di daerah dekat Stuttgart.

Semasa hidup Ferdinand Porsche mendapat beberapa penghargaan. Penghargaan tersebut antara lain gelar kedokteran yang diberikan oleh Imperial Technical University. Universitas dimana Ferdinand Porsche menimba ilmu pada usia muda. Serta penghargaan yang diberikan oleh Jerman pada tahun 1937, German National Prize for Art and science.

Setelah kematiannyapun penghargaan masih terus diberikan kepada pendiri salah satu raksasa otomotif dunia ini. Tahun 1996, nama Ferdinand Porsche terukir di Motorsports Hall of Fame yang sangat prestisius. Kemudian pada tahun 1999, Ferdinand Porsche mendapat penghargaan berupa Car Engineer of the Century.


Porsche: Raksasa Otomotif Dunia

Porsche semakin berkembang setelah dipegang oleh anak dari Ferdinand Porsche, yaitu Ferdinand Anton Ernst Porche. Sedikit sejarah tentang, Ferdinand Anton Ernst Porsche. Ferdinand Anton Ernst Porsche atau lebih dikenal dengan nama Ferry Porsche merupakan CEO dari prusahaan Porsche. Ferry Porsche sendiri telah terlibat dalam perusahaan sejak pembuatan mobil rakyat Jerman, Volkswagen.

Saat Ferdinand Porsche mendekam di penjara atas tuduhan terlibat dengan Nazi, ferry Porschelah yang menjalankan perusahaan otomotif milik mereka. Ferry pula yang berperan mengubah sistem kepengurusan dalam Porsche sehingga bisa menjadi perusahaan raksasa seperti saat ini.

Mobil Porsche 911

Porsche, seperti yang kita ketahui, merupakan perusahaan otomotif yang berhasil menciptakan mobil – mobil sport legendaris. Salah satunya ialah Porsche 911. Pertama kali diproduksi pada tahun 1963, Porsche 911 merupakan tipe Porsche yang paling laris sepanjang masa.

Porsche memang terkenal akan produksi mobil – mobil sport supercepatnya. Namun, saat ini Porsche telah memberanikan diri unutk melebarkan sayap dengan memproduksi mobil berjenis SUV. Merupakan keputusan yang cukup berani jika mengingat catatan Porsche selama ini. Namun ternyata keputusan Porsche untuk membuat jenis mobil SUV merupakan keputusan yang sangat tepat.

Pada tahun 2015, Porsche mencetak rekor pendapatan dengan membukukan laba sebesar 21,5 miliar Euro atau setara dengan 316 triliun rupiah. Hal tersebut didukung oleh kesuksesan yang diukir oleh produksi mobil terbaru mereka dalam segmen SUV. Ya, saat ini Porsche memang mengembangkan produksi mobil mereka ke segmen SUV. SUV Porsche yang berhasil mendulang kesuksesan ialah Cayenne dan Macan.

Cayenne merupakan Suv pertama yang diproduksi oleh Porsche. Diporduksi pertama kali pada tahun 1992, Cayenne telah memberikan kontribusi sebesar 33% dari total penjualan mobil Porsche. SUV kedua yang diproduksi oleh Porsche ialah Macan. Porsche Macan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 2013 di Los Angeles Auto Show, dan terus mengalami peningkatan penjualan sejak saat itu.

Kontroversi Ferdinand Porsche

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kehidupan masa lalu Ferdinand Porsche menimbulkan kontroversi, khususnya di tanah kelahirannnya sendiri. Bahkan orang – orang di kota kelahirannya masih memendam kebencian pada Ferdinand Porsche. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh keterlibatan Ferdinand Porsche dengan pemerintahan Jerman pada Perang Dunia Ke-II.

Austria, negara kelahiran Ferdinand Porsche, merupakan salah satu negara yang menjadi korban kekejaman Hitler. Hitler dengan antek – anteknya melakukan berbagai kekejaman kemanusiaan pada masyarakat Austria masa itu. Hal tersebutlah yang membuat kebencian masyarakat Austria kepada Ferdinand Porsche seakan tak pernah mati.

Ferdinand Porsche bersama Hitler

Keterlibatan Ferdinand Porsche dengan Hitler berawal pada masa Perang Dunia ke-II. Pada saat itu Ferdinand Porsche yang telah memiliki kedekatan dengan Hitler diminta untuk membangun tank – tank raksasa. Hitler memang selalu terobsesi untuk membuat senjata perang dengan ukuran yang luar biasa besar. Ferdinand Porsche lalu mengajukan berbagai desain untuk tank tersebut, namun saat diuji tidak berjalan dengan baik. Walaupun tidak mendapat kontrak untuk memproduksi tank – tank raksasa Hitler, kedeketan Ferdinand Porsche dengan Hitler tidak berakhir begitu saja.

Setelah Perang Dunia II berakhir , Ferdinand Porsche ditangkap oleh tentara Perancis. Ia dihukum penjara selama 22 bulan atas keterlibatannya dengan rezim Nazi.
Ferdinand Porsche Pendiri Perusahaan Mobil Porsche
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon