Sep 10, 2015

Biografi Cher Wang Pendiri Perusahaan Smartphone HTC

Biografi Cher Wang Pendiri Perusahaan Smartphone HTC

Biografi Cher Wang, Wanita terkaya di China jatuh ke tangan Cher Wang, seorang wanita bertangan dingin yang memiliki kemampuan bisnis yang hebat dan mampu mendirikan HTC. Memang beliau berasal dari keluarga kaya, namun dengan kepandaian dan kecerdasannya beliau mampu mempertahankan kekayaan orang tuanya bahkan lebih kaya dari mereka.

Berbekal kerja keras dan keinginan untuk selalu berinovasi di dunia teknologi membuatnya menjadi salah satu pengusaha di bidang IT yang sangat disegani dan diakui atas pencapaiannya.

Cher Wang adalah anak dari seorang Jutawan di China, Dia merupakan anak dari pemilik perusahaan terkenal di China yang bernama Formosa Plastics Group. Cher Wang lahir pada tanggal 14 September 1958.

Meskipun terlahir dari keluarga jutawan atau orang kaya di China, Cher Wang bukan lah wanita yang glamour, boros dan foya-foya, sekalipun dia memiliki peluang untuk melakukan hal tersebut dengan mudah, karena bapaknya kaya raya.

Cher Wang hidup dengan gaya sederhana dan sewajarnya saja, dia adalah wanita yang dermawan yang sering membantu sesamanya yang berkekurangan. Cher Wang memiliki style tersendiri karena didik oleh Ayahnya untuk sering berbagi dengan sesamanya yang berkekurangan.

Urusan pendidikan, Ayah Cher Wang memang adalah orang yang menginginkan anak- anaknya berpendidikan kelas tinggi. Sehingga dia mengirimkan Cher Wang dan Saudaranya untuk bersekolah di luar negeri. Ayahnya menyekolahkan Cher Wang di Oakland, California untuk belajar di College Preparatory School, kemudian melanjutkan pendidikan nya ke universitas California di Amerika.

Awal Karir Cher Wang

Setelah menyelesaikan pendidikannya di California Amerika, Cher Wang kembali ke Taiwan untuk memulai bekerja sebagai seorang Engineer di sebuah perusahaan pembuat komponen komputer yang terkenal di Taiwan yakni First Internatinonal Computer.

Cher Wang Pendiri HTC
Cher Wang Pendiri HTC
Disana Cher Wang belajar bagaimana membuat komponen komputer dan mencoba mempelajarinya lebih dalam dari semua sisi, dari Business to Business nya hingga business analis nya pun dikerjakan dan dipelajari oleh Cher Wang. Hingga pada akhirnya setelah 5 tahu berkarir disana Cher Wang langsung membuka usaha baru dengan bisnis utama membuat komponen komputer yakni Chipset, perushaan tersebut diberi nama VIA TECHNOLOGIES. Perusahaan tersebut didirikannya bersama suaminya Wen Chi Chen. Perusahaan tersebut pun berdiri dengan baik dan menghasilkan laba yang cukup menguntungkan hingga Cher Wang pun mampu berekspansi untuk mendirikan perusahaan baru bernama yang nantinya diberi nama HTC Corporation.

Mendirikan HTC Corporation

Dengan berbekal pengalaman mendirikan Via Technologies, Cher Wang mencoba peruntungan dengan mendirikan perusahaan baru yang bergerak di bidang smartphone. Cher Wang mendirikan High Tech Computer Corporation.

Cher Wang mengarahkan fokus perusahaan tersebut ke pembuatan Notebook, dengan usaha yang keras, ternyata pembuatan Notebook ini tidak terlalu berhasil karena persaingan yang sangat ketat. Hingga akhirnya Cher Wang pun mengalihkan fokus perusahaan menjadi pembuat Smartphone. Smartphone pertama besutan HTC ini menggunakan sistem operasi Windows, namun tidak begitu berhasil karena pengguna yang membeli smartphone tersebut tidak begitu banyak, sehingga HTC pun beralih ke sistem operasi baru yakni Android.

Cher Wang dan Fans Android
Cher Wang dan Fans Android
Dengan pengalihan sistem operasi ini, HTC pun mulai merasakan keuntungan yang signifikan setelah mengusung produk smartphone pertama Google yakni HTC One. Goolge pun memberikan andil kerjasama mutualisme kepada Cher Wang, seiring dengan naiknya pamor Google di kalangan pengguna internet dan smartphone, HTC hadir dengan smartphone Android pertama yang ikut meraup keuntungan di tengah potensi bisnis yang besar tersebut. Cher Wang pun hadir sebagai salah seorang wanita terkaya yang memiliki pengaruh besar di taiwan dan Cina.

Pencapaian Karir

Setelah mendirikan HTC di tahun 1997 pada tahun 2011 Majalah Forbes menyatakan bahwa suaminya Wen Chi Chen sebagai pria dengan kekayaaan paling banyak di Taiwan dengan total kekayaan sebesar 8,8 Miliar USD. Di tahun 2012, Wang dinobatkan sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia, wang masuk diurutan #56. Ditahun 2014 Wang juga mendapatkan penghargaan yang sama dari Forbes.

Filantropi dan kehidupan Sosial

Wang mendonasikan sejumlah kekayaannya kepada Yayasan Faith Hope Love Foundation. Wang mendonasi 28.1 juta USD untuk mendirikan sebuah Guizhou Forerunner College. Sekolah yang memberikan layanan gratis selama tiga tahun pertama menjadi low cost education bagi murid-murid yang berasal dari keluarga miskin.

Wang juga memberikan donasi ke Universitas California Berkeley, untuk mendukung para peneliti dalam mengembangkan penelitian di bidang Condensed Matter Phsycs. Donasi ini juga ditujukan untuk menjaga dan meningkatkan penghargaan prestisius yang ada di Berkeley yakni American Physical Society's Oliver E Buckley Condensed Matter Prize.

Wang juga mendukung program kolaborasi antara Psychology department dari Universitas California Berkeley dan Tsinghua University di Beijing, yang bertujuan untuk meningkatkan penelitian terkait psikologi advanced.

Pada bulan agustus 2012 HTC juga mendonasi 6000 HTC Flyer Tablet PC ke 60 sekolah menengah di Taipei.

Kehidupan Pribadi

Wang menikah dengan Wen Chi Chen dan dikaruniai 2 orang anak, mereka adalah penganut kristen yang taat. Wang mencoba memasuki dunia politik, ketika presiden mencalonkan dirinya kembali Wang ikut memberikan support kepada Bapak Ma Ying Jeou.
Biografi Cher Wang Pendiri Perusahaan Smartphone HTC
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon