Biografi Peter Henlein Pengrajin Jam Pertama Dunia

Jam Tangan, Jam Dinding, Jam Kantong, dan Jam berjenis lainnya, di jaman sekarang ini siapakah yang gak punya salah satu dari semua jenis jam tersebut ?? Hampir setiap orang punya jam tangan, hampir di setiap rumah punya jam dinding.

Di balik semua jam yang sudah berkembang banyak tersebut, siapakah orang yang menemukan nya, siapakah orang pertama yang menciptakan jam ?
Dia adalah Peter Henlein seorang pria keturunan Jerman yang pada awal karirnya berprofesi sebagai tukang kunci di Jerman.


Peter Henlein adalah seorang penggiat kerajinan yang membuat Taschenuhr alias Jam portable atai jam hias pertama di Jerman. Seperti Pepe penggiat sepakbola di spanyol.

Taschenuhr ini menjadi tren dimasa itu dan digunakan sebagai liontin atau perhiasan yang pada umumnya digunakan oleh kaum - kaum bangsawan.

Peter H terkenal dengan keuletan dan kegigihannya dalam mengerjakan sesuatu hingga benar - benar menjadi sebuah maha karya yang diakui dan berkualitas.
Peter Henlein (Juga dieja Henle atau Hele) (1485 - Agustus 1542), dinobatkan sebagai pembuat jam tangan pertama di dunia, meskipun banyak orang lain yang memiliki persepsi atau ide yang sama seperti Henlein, namun dialah yang terbukti sebagai penemu jam pertama.


Peter henlein pernah bekerja di sebuah tempat pengrajin benda - benda unik, dan Peter bekerja disana sebagai tukang kunci. Selain mengerjakan atau membuat kunci, Peter mencoba berbagai hal - hal menarik seperti membuat kerajinan dari logam dengan ukuran - ukuran kecil alias mikro. Disaat mimpi itu ada Peter pun mencoba menciptakan sebuah jam.

Pada tanggal 7 September 1504, ia terlibat dalam perkelahian diantara sesama tukang kunci, George Glaser, tewas. Ia mencari suaka di sebuah biara Fransiskan lokal, dan ia tinggal di sana selama empat tahun, sampai 1508.

Dan akhirnya di tahun 1509 Peter pun keluar dari biara tersebut dan menjadi guru di  the city's locksmith guild. Peter menjadi seorang sosok yang dikenal sebagai pembuat jam hias portabel kecil musim semi bertenaga kuningan, jam tersebut sangat langka dan mahal dan merupakan persiasan yang modis dipakai di kalangan bangsawan waktu.

Jam yang digunakan sebagai salah satu perhiasan tersebut selalu akan melekat pada pakaian alias bisa dibilang sebagai Liontin. Ukuran nya pun masih tergolong besar jika dibandingkan dengan jam sekarang, ukuran jam 3 inci namun ukuran ini menjadi ukurang yang paling besar jika dibandingkan dengan jam yang muncul pada abad - abad berikutnya hingga sekarang.

Jam ciptaan Henlein dianggap sebagai Jam Semi - Driven Kecil, Jam ini menjadi hadiah - hadiah khusus bagi orang - orang penting alias orang - orang yang menjadi inspirasi di Kota.

Peter sendiri dinobatkan sebagai pengrajin jam pertama yang berhasil membuat Clockworks menjadi "Bisamkopfe", sebuah wadah kecil yang dibuat dari emas dan berfungsi sebagai wadah untuk wewangian alias parfum dan disinfektan.

Peter Henlein juga berjasa dalam pembangunan menara jam untuk Lichtenau Castle di tahun 1541, dan dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah.

Peter Henlein adalah seorang pembuat jam terkenal dan berbakat, namun ada Pembuat jam (clockmakers) lain yang membuat jam kecil pada saat itu meski tidak jelas sumber beritanya.

Mungkin ide tentang jam ini telah ada di awal 1400-an, hampir satu abad sebelum karyanya. Orang yang sering bercerita tentang dia berasal dari rekan-rekannya dari Johann Neudorfer pada tahun 1547 tak lama setelah kematiannya:

"Henlein was very nearly the first of those who invented how to put small clocks into little boxes"

Demikian sekilas biografi Peter Henlein penemu jam tangan pertama. Baca juga Biografi Yulii Khariton Sang Penemu Bom Atom

Sumber : http://blogpenemu.blogspot.com/2014/02/penemu-jam-tangan-peter-henlein.html

Biografi Mania. Kumpulan Biografi Tokoh Inspiratif. Lengkap dan Gratis. Biografi orang-orang besar atau tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi.

1 comments so far

Betul, penjelasan yang memberikan inspirasi karena LED juga termotivasi dalam pembuatan jam LED Jam digital Sholat yang bermanfaat buat semua yang menjalankan ibadah

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon