Oct 20, 2014

Biografi Jack Dorsey - Penemu muda asal Amerika sipembuat Twitter

Biografi Jack Dorsey - Penemu muda asal Amerika sipembuat Twitter

Si Penemu Muda Yang Membuat Twitter

Pengguna media social Twitter saat ini sangat beragam, sangat banyak, bahkan bisa dibilang hampir semua pengguna smartphone  di dunia memiliki akun twitter. Ada yang aktif setiap hari nge tweet dan ada juga yang ditelan bumi twitter cuma punya akun dan gak pernah update status.

Tapi bagi sebagian orang yang sangat kreatif dan imaginatif menggunakan twitter untuk tujuan - tujuan penting dan tujuang bisnis. Tujuan nya seperti berkampanye politik lewat twitter, ada juga yang memiliki tujuan untuk berbisnis dengan nge tweet berbagai produk jualannya, dan mendapatkan follower yang banyak sebagai target penjualan.

Secara umum Twitter menjadi salah satu media social yang sangat berguna bagi orang - orang yang dapat melihat sisi kegunaan nya tersebut. Nah siapa sih dibalik pembuatan media social yang sudah mendunia ini ? Dia adalah Jack Dorsey

Jack Dorsey adalah anak yang menyukai dunia pemrograman semenjak usianya masih masih 13 tahun. Dia menyukai pelajaran - pelajaran tentang perangkat lunak (software). Dari semenjak kecil memang sudah terlihat sangat antusias untuk menciptakan berbagai inovasi baru, hingga membuat aplikasi dengan semua pengetahuan programmer yang dimilikinya.

PROFIL JACK DORSEY

Nama Lengkap : Jack Dorsey
Tempat/Tanggal Lahir : St. Louis Missouri/19 November 1976.
Pendidikan : 
- New York University
- Missouri University Of Science and Technology
- SMA Bishop Dubourg High School
Orang Tua : 
- Ayah/Tim Dorsey @Tim535353
- Ibu/Marcia @marciadorsey
Warga Negara : Amerika
Foto :
Foto Jack Dorsey
Jack Dorsey

KEINGINAN DAN CITA-CITA JACK DORSEY 

Jack Dorsey tidak memiliki cita - cita yang aneh, maupun cita - cita yang berlebihan, namun dia hanya melakukan pekerjaan yang disukainya dan mencoba menulis setiap usaha nya satu demi satu, dan perlahan - lahan merealisasikan setiap list tulisan yang sudah dibuatnya.

Dalam sebuah wawancara via twitter oleh technology review, Dorsey hanya bilang, "Kami membangun apa yang kami cintai. Walau ada banyak ide untuk pendatan rutin, profit twitter akan muncul secara natural dari hasil kerja kami."

Cita - cita sederhana itu melekat di dalam diri Jack Dorsey, membuatnya melenggang dengan mudah dan mampu untuk melewati setiap kesukaran - kesukaran yang dihadapinya.

MOTTO DAN SIFAT UNGGUL DARI SEORANG JACK DORSEY

Setiap orang pasti memiliki sifat dan karakter - karakter yang unik, maupun yang unggul, karakter yang unik dan unggul ini juga dimiliki oleh seorang Jack Dorsey. Apa sajakah itu ?

Mungkin bagi sebagian orang sifat Jack ini tergolong nyentrik dan unik serta terdengar idealis. Jack Dorsey mungkin memang "Anak remaja yang Baik" coba kita lihat 10 moto hidupnya di bawah ini :

1. Don't be a jerk ( Jangan Brengsek )
2. Don't take anyone for granted ( Jangan mengambil hak milik orang lain untuk diberikan )
3. Enjoy the moment ( Nikmati setiap momen hidup anda )
4. Be honest,always ( Bersikaplah jujur selalu )
5. Be humble ( Jadilah Rendah Hati )
6. Be kind (Bersikap Baik )
7. Respect people wishes ( Hargai Keinginan Orang Lain )
8. Allow endings ( Ijinkan Berakhir )
9. Fail openly ( Terbuka dengan kegagalan )
10. Have an amazing haircut ( Punya Potongan Rambut Keren )

Sepuluh sifat dan motto Jack Dorsey di atas tidak lah terbentuk di saat dia Dewasa, namun penulis yakin itu terbentuk di lingkungan yang positif di lingkungan keluarga yang baik dan lingkungan pendidikan yang maju dan beradab. Lingkungan yang memberikan banyak pengaruh positif bagi Jack, disamping dia punya talenta yang sangat luarbiasa.

Salah satu kesuksesan Jack yang pantas kita tiru adalah kegemarannya membuat catatan dari setiap aktifitas dan ide - ide nya. Menurut nya, dengan mencatat dia bisa melihat kemajuan dari rencananya waktu ke waktu, dari ide besar ke ide besar lain.\

CERITA TERCIPTANYA MEDIA SOSIAL TWITTER

Mainan yang hampir semua orang punya di Era saat ini adalah Twitter, Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan  di seluruh dunia.

Kemudahan dan kemewahan informasi yang disampaikan lewat twitter mengangkat konsep yang sederhana berupa informasi yang berisi dengan sepenggal kalimat saja. Jack Dorsey lah yang melakukan nya.

Awalnya dalam benak Dorsey adalah Bagaimana mobil - mobil taxi atau mobil delivery bisa dengan teratur memenihi setiap panggilan dan bekerja dengan cepat dan tepat.

Dorsey sangat terkesima dan sangat kagum dengan aplikasi yang mengatur dan mengkoordinasikan taxi tersebut dengan baik dan cepat. Sehingga di usianya yang baru beranjak 15 tahun Jack berhasil mengembangkan software yang lebih canggih pengkoordinir antrian taxi.

Dorsey mencoba meneruskan kuliahnya di New York University setelah masa kuliah nya di Missouri University of Science dan Technology yang tak kunjung selesai. Dan di NY University pun juga tak pernah terselesaikan olehnya.

Karena sifatnya yang mau berjuang dan bekerja keras di bidang yang disukainya. Akhirnya Dorsey pun memutuskan niatnya untuk fokus dalam pembuatan software atau aplikasi. Dorsey mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemrograman di Oakland, California di tahun 2000. Perusahaan yang dia bangun itu menjual setiap program - program buatannya secara online, ia juga menjual software pengkoordinir taxi buatannya sewaktu masih remaja.

Lewat perusahaannya ini lah Dorsey bertemu orang - orang yang nantinya menjadi orang - orang penting di perusahaan Twitter. Yakni Biz Stone dan Evan Williams. Apa yang ada di kepala Dorsey saat ingin menciptakan Twitter ?

Diceritakan oleh rekannya Biz Stone, Dorsey memiliki pemikiran - pemikiran yang sangat liar di kepalanya : "Coba bayangkan bila kita bisa berbagi kepada teman - teman kita tentang apa yang sedang kita lakukan dan yang kita rasakan sekarang, bayangkan, bukankan menyenangkan ?" Ucap Dorsey.

Untuk mewujudkan impian nya Dorsey tidak bekerja sendiri.

Biz Stone memahami konsep ide Dorsey layaknya cara burung berkomunikasi dimana ringkas dan cepat merupakan poin utama yang paling penting.

Kemudian Evan Williams, seorang mantan eksekutif Google, menyediakan dana investasi dan bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal 2006 mereka sudah siap, tetapi tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran yang aktif.

Konsep matang Twitter dikerjakan bersama-sama secara tim. Setahun setelah dirilis, tepatnya pada April tahun 2007, Twitter kemudian menjadi perusahaan yang berdiri sendiri dan dinamai Twitter Inc.

Di tahun ini pula, popularitas Twitter mulai merangkak ke atas secara drastic. Perubahan signifikan ini tidak terlepas dari sebuah festival bernama SZSW dimana selama acara besar tersebut berlangsung, pengguna twitter membengkak dengan jumlah kicauan yang terus bertambah. Banyak pihak yang berpendapat bahwa kepopuleran Twitter dimulai dari festival tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Twitter Inc. di bawah pimpinan Jack Dorsey semakin mematangkan fitur-fitur yang ada pada Twitter. Salah satu langkah signifikan yang mereka lakukan adalah perubahan logo Twitter yang awalnya tulisan “TWITTER” berwarna biru cerah menjadi tulisan "TWITTER" berwarna hitam yang dipermanis dengan keberadaan seekor burung mungil berwarna biru cerah. Burung tersebut hingga saat ini merupakan signatur kuat dari Twitter.

KISAH UNIK TENTANG TWITTER

1. Burung Twitter bernama Larry The Bird yang diambil dari nama salah satu pemain NBA.

2. Orang pertama yang berkicau di Twitter? Jawabannya Jack Dorsey! Penemu Twitter dengan wajah rupawan ini menuliskan tweet pertama yakni “Just setting up my twtr”. Ia berkicau pada tanggal 21 Maret 2006 tepatnya di jam 12.50 waktu setempat.

3. Akun Twitter orang tua Jack Dorsey lama tidak diverifikasi wkwkw...

Akun Twitter orang tua Jack Dorsey
Marcia Dorsey

Akun Twitter orang tua Jack Dorsey
Tim Dorsey
10 Status Twitter yang perlu diingat dunia :

1. @jack - Jack Dorsey

"just setting up my twttr"

2. @jamesbuck - James Buck

"Arrested"

3. @BarackObama - Barack Obama

"We just made history. All of this happened because you gave your time, talent and passion. All of this happened because of you. Thanks"

4. @MarsPhoenix - NASA

"Are you ready to celebrate? Well, get ready: We have ICE!!!!! Yes, ICE, *WATER ICE* on Mars! w00t!!! Best day ever!!"

5. @jkrums - Janis Krums

"There's a plane in the Hudson. I'm on the ferry going to pick up the people. Crazy."

6. @aplusk - Ashton Kutcher

"Victory is ours!!!!!!!"

7. @AnnCurry - Ann Curry

"@usairforce find a way to let Doctors without Borders planes land in Haiti: http://bit.ly/8hYZOK THE most effective at this."

8. @Astro_TJ - TJ Creamer

"Hello Twitterverse! We r now LIVE tweeting from the International Space Station -- the 1st live tweet from Space! :) More soon, send your ?s"

9. @librarycongress - Library Of Congress

"Library to acquire ENTIRE Twitter archive -- ALL public tweets, ever, since March 2006! Details to follow"

10. @SarahPalinUSA - Sarah Palin

"Ground Zero Mosque supporters: doesn't it stab you in the heart, as it does ours throughout the heartland? Peaceful Muslims, pls refudiate"

Baca juga biografi Yulii Khariton pencipta bom maha dahsyat bom hidrogen

Biografi Jack Dorsey - Penemu muda asal Amerika sipembuat Twitter
4/ 5
Oleh
Add Comments

Komentar yang bersifat Spam, SARA, Konten Dewasa akan dihapus
EmoticonEmoticon